Kamis, 20 Agustus 2015

Mengenal lebih dalam Si Bawang Lanang - 085234158777



Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur. 

Bawang putih adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih. Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm, berakar serabut. Bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya payung.


Klasifikasi Bawang Putih Tunggal, yaitu :
Divisio : Spermatophyta
Sub divisio : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonae
Bangsa : Liliales
Suku : Liliaceae
Marga : Allium
Jenis : Allium sativum
Nama umum : bawang putih 


Bawang putih adalah nama tanaman sekaligus umbi dari tanaman itu sendiri. Bawang putih masih termasuk dalam famili Alliaceae dari genus Allium. Umbi dari tanaman bawang putih sangat familier di kalangan ibu-ibu rumah tangga, karena bawang putih adalah bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Kandungan alliin / alin didalamnya, membuat bawang putih yang masih mentah terasa getir (pahit agak pedas) ketika dimakan.

Penelitian tentang bawang putih membuktikan adanya kandungan zat-zat pada bawang putih yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan minyak atsiri pada bawang putih misalnya memiliki khasiat sebagai anti bakteri alami. Kandungan aliin bermanfaat untuk anti kolesterol. Bawang putih juga mengandung kalsium, saltivine, belerang, fosfor, protein, lemak, besi serta vitamin A,B1 dan C.

Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, sebab ammonia mudah menguap. Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah. Selain alisin, bawang putih juga memiliki senyawa lain yang berkhasiat obat, yaitu alil. Senyawa alil paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

READY STOCK: BAWANG LANANG RENDAM MADU SIAP KONSUMSI
DAN BAWANG LANANG MENTAH
INFORMASI PEMESANAN: 
Bpk. Bayu Prasetyo 085234158777 (sms/telp/wa) 5C8CF325 (bbm)

share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Email
First Name
Phone
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();